Silabus
Sekolah : Negeri 1 Majalengka
Kelas : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan | Percakapan yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan-ungkapan berikut Are you sure ? I am. It is confirmed
| Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh: Kepastian: of course I would I certainly would Keraguan: I don’t know I can’t decide Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan | Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian dengan antusias Merespon ungkapan yang mengungkapakan dan menanggapi keraguan dengan antusias | Tes lisan Tes tertulis | Pertanyaan - Pilihan ganda -Melengkapi per cakapan | - Respond the teacher’s statement! T: “Are you sure? S: “.......” - Choose the correct expression to complete the dialogue below - Complete the dialogue according to the conversation! | 2x40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD) 2. Script percakapan 3. Buku teks yang relevan | Rasa ingin tahu |
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan | Percakapan singkat yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan-ungkapan: Are you sure ? I am. It is confirmed. Well... I am not sure. Don’t worry. | Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang dibeikan | Bertanya dan menjawab dengan antusias tentang meminta dan memberi kepastian Bertanya dan menjawab dengan antusias tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan | Tes lisan | Performance | Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class! | 2 x 40 menit | 1. Buku text yang relevan 2. Gambar-gambar terkait tema 3.Benda benda sekitar | Rasa ingin tahu |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman | Percakapan yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan berikut : I beg your pardon?/Pardon? A. I’ve got good news! B. Tell me more about it. A. What a beautiful day! B. It is. Shall we go to the beach ? | 1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi. 2. Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih. 3. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi. 4. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi. 5. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan. 6. Merespon ungkapan yang diucapkan guru. | Merespon ungkapan meminta pengulangan dengan antusias Merespon ungkapan menunjukan perhatian yang mengandung nilai kepedulian kepada orang lain Merespon ungkapan menyatakan kegaguman yang mengandung nilai menghargai orang lain | Tes tulis | Isian singkat | Listen to the dialoque and complete the sentences. | 2 x 40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD) 2.Script percakapan Buku teks yang relevan | Rasa ingin tahu Peduli sosial Menghargai Prestasi |
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman | Percakapan singkat yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan berikut : I beg your pardon? /Pardon? A. I’ve got good news! B. Tell me more about It! A. What a beautiful day! B. It is. Shall we go to the beach ? | Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari. Tanya jawab Menggunakan ungkapan terkait materi. Mendengarkan Percakapan Menggunakan ungkapan terkait. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan. Bermain peran melakukan percakapan. | Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan dengan antusias Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian yang mengandung nilai kepedulian kepada orang lain Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman yang mengandung nilai menghargai orang lain | Tes lisan | Bermain peran | Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class! | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Gambar-gambar terkait tema 3.Benda benda sekitar | Rasa ingin tahu Peduli sosial Menghargai Prestasi |
Standar Kompetensi :
2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5. Berbicara
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
6. Menulis
Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional /pendek - pesan singkat - iklan - pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas | 1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model. 2. Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu. 3. Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu. 4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan | Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa: pesan singkat, iklan dan pengumuman Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa, pesan singkat, iklan, pengumuman | Tes Tulis | Isian singkat | Listen to the text and complete the sentences. | 2x40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) 2. Teks-teks otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual) 3. Buku teks yang relevan | Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif |
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | Teks fungsional / pendek - pesan singkat. - iklan. - Pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas. | Tanya jawab tentang berbagai hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks. Membuat draft jenis teks fungsional : - pengumuman. - pesan singkat - iklan Menyampaikan secara lisan: pengumuman. pesan singkat iklan | Menyampaikan pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa. Menyampaikan pesan singkat yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa Mempromosikan (mengiklankan sesuatu) yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa. | Tes Lisan | Performance | Announce your school mates to gather in the lab after school! Tell your friend to wait for you after school! Promote the product from your village! | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Gambar-gambar yang terkait tema 3. Benda-benda elektronik 4. Ruang multi media | Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif |
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/ pengumuman, iklan dan pesan singkat yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas · Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas | Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca. Membahas kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan dibaca. Membaca teks fungsional pendek Menjawab pertanyaan tentang isi teks. Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca. | Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa; pengumuman, iklan, pesan singkat Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa, pengumuman, iklan, pesan singkat | Tes Tulis Tes lisan Tes lisan | Pilihan ganda Isian singkat Membaca nyaring | Choose the best option, a, b, c or d based on the text. Complete the sentences based on the text. Read the text aloud | 2 x 40 menit | Buku teks yang relevan. Contoh teks fungsional : - iklan. - pengumuman. - pesan singkat Gambar yang relevan | Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif |
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · kalimat sederhana - imperatives - simple present Teks fungsional pendek : 1. iklan 2. surat pribadi yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas | 1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas. 2. Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi. 3. Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks. 4. Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan. 5. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks. | Menulis kalimat pendek dan sederhana yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas Menulis teks fungsional pendek dan sederhana yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa | Tes Tulis | Uraian | 1. Write simple sentences based on the picture given. 2. Write an advertisement based on the picture 3. Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town. | 4 x 40 menit | 1.Buku teks yang relevan 2.Buku resep bahasa Inggris 3.Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu 4.Gambar terkait tema 5.Realia | Jujur dan kreatif Jujur dan kreatif |
2.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | Teks monolog berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius | Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography Membahas langkah -langkah retorika Berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan -ungkapan giving and demanding service Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan | Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religious | Tes lisan Tes tertulis | Unjuk kerja Pilihan ganda Melengkapi kalimat rumpang | Demonstrate how to operate a digital camera! The teacher will read the instruction for you Choose the correct answer. Listen carefully! - Complete the sentences! | 2x40 menit | 1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) 2. Teks monolog berbentuk prosedur 3. Teks-teks otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual) | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan) |
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | Teks monolog berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius | Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio) Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal: - Press the menu button - Sellect the number of contact Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit tertentu - Can you show me..... - Sure/ I’m not sure - Let me show you. First..., then..., finally. 4. Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan | Melakukan monolog pendek dalam bentuk Procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius | Tes lisan | Performance | Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih) Observe a certain kind of things you like best and report it to the class | 4 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Gambar-gambar yang terkait tema 3. Benda-benda elektronik 4. Ruang multi media | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan) |
5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | · Teks monolog procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius · Makna gagasan teks procedure yang mengandung nilai disiplin dan religius · Informasi factual · Informasi rinci · Informasi tersirat dalam teks procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius · Tujuan komunikatif teks procedure yang mengandung nilai disiplin dan religius · Langkah retorika - teks procedure (purpose material-steps) - teks report (identification-description) yang mengandung nilai disiplin dan religius | Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait tema/topik yang dipilih Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur Tanya jawab tentang Cara mengerjakan/m embuat sesuatu Membaca teks prosedur Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur - Tujuan komunikatif - Bahan yang diperlukan - Cara melakukan.membuat sesuatu - Langkah retorika teks procedure/report - Ciri kebahasaan teks prosedur 6. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat | · Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai religius · Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report mengandung nilai religius · Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius · Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius · Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius | Tes tulis Tes lisan | Pertanyaan Bacaan Membaca nyaring | Answer the following questions based on the text Read the text aloud | 4x40 menit | Buku teks yang relevan Buku resep bahasa Inggris Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu Gambar terkait tema Realia CD CD player TV | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan) |
5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima | · Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas | Menjawab pertanyaan tentang isi teks. Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca. Membaca nyaring | · Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman | Tes Tulis Tes lisan | Pilihan ganda Isian singkat Membaca nyaring | Choose the best option, a, b, c or d based on the text. Complete the sentences based on the text. Read the text aloud | 2 x 40 menit | Buku teks yang relevan. Contoh teks fungsional : - iklan. - pengumuman. - pesan singkat Gambar yang relevan | Jujur dan kreatif |
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report | · kalimat acak dari teks procedure/ report yang mengandung nilai disiplin dan religius · teks monolog pendek berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius | Review berbagai hal tentang teks procedure - Tujuan komunikatif - Langkah retorika - Ciri kebahasaan Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure Menyusun kalimat acak berdasarkan urutan gambar Menulis teks Procedure Berdasarkan perintah yang diberikan | · Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius · Menulis essay berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius | Tes tulis Tes tulis | Menyusun kalimat Uraian | Rearrange the following jumbled sentences in a good order. Write a procedure text telling how to operate a computer Write a report on a certain kind of thing or place around you. | 4 x 40 menit | 1Buku teks yang relevan 2.Buku resep bahasa Inggris 3.Gambar-gambar tentang cara-cara 4.melakukan/mem buat sesuatu 5.Gambar terkait tema 6.Realia | |
Majalengka, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Saeful Uyun, M.Pd Maman Suherman, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19570604 197803 1 006 NIP. 19670105 199103 1 010
Silabus
Sekolah : SMP Negeri 1 Majalengka
Kelas : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan | Ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan · menghargai orang lain, contoh: - Could you please......? - With pleasure. - Would you mind repeating that? - Sorry, what did you say? - Oh thank you | 1. Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan transactional dan interpersonal 2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun 3. Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun 4. Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan yang santun 5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun 6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan | Merespon ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan menghargai orang lain | Tes lisan Tes tulis Unjuk kerja | Isian singkat Pilihan Ganda Melengkapi Benar/salah Merespon | Who are involved in the conversation? Choose the right answer/response for the following question/state ment Fill in the blank spaces with the right expressions State whether the following statement is True or False . Would you mind opening the door please? | 4 x 40 menit | 1.Script percakapan 2.Rekam an percakapan 3.CD, VCD, Film tentang percakapan | Religius Menghargai orang lain |
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan | Percakapan memuat ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan menghargai orang lain, contoh: A. Could you please ...? B. With pleasure. | 1. Tanya jawab terkait dengan ungkapan kesantunan berbicara dalam percakapan transaktional dan interpersonal 2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun 3. Menirukan percakapan yang santun 4. Menirukan gambit-gambit yang santun: - Sorry, but..... - I’m not really interested in... - That’s very kind of you! 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan secara berpasangan 6. Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya | · Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan yang mengandung nilai religius dan menghargai orang lain | Tes lisan | Performance Interview | Perform a dialogue showing politeness with your friend in front of the class! Answer the question orally and politely! | 2 x 40 menit | 1.Script percakapan 2.Rekaman percakapan 3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan 4.Buku teks yang relevan | Religius Menghargai orang lain |
7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita | Percakapan memuat: · Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu, contoh: A. Guess what! I’ve got good news! B. Please tell me. What is it? · Ungkapan memberi komentar tentang berita yang mengandung nilai peduli social, persahabaan dan komunikatif A. I got 10 for the English test B. Really ?? That’s fantastic! | 1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas. 2. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi. 3. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi. 4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan 5. Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan. | · Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu Merespon ungkapn memberi komentar terhadap berita yang mengandung nilai peduli social, persahabaan dan komunikatif | Tes Lisan Tes Tulis | Merespon ungkapan Melengkapi | Listen to the statement and give your response. Listen to the conversation and complete the blank spaces. | 2 x 40 menit | 1. Script percakapan 2. Rekaman percakapan 3. Tape recorder 4. Buku yang relevan 5. Gambar-gambar terkait tema / topik yang dipilih. | Rasa ingin tahu Peduli sosial Bersahabat/komunikatif |
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita | · Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu, contoh: A. Guess what! I’ve got hot news! B. Please tell me. What is it? · Ungkapan memberi komentar tentang berita yang mengandung nilai peduli sosial, persahabaan dan komunikatif B. I got 10 for the English test C. Really ?? That’s fantastic! | 1. Review ungkapan-ungkapan terkait materi. 2. Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab. 3. Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks. 4. Bermain peran melakukan percakapan. | · Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu · Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita yang mengandung nilai peduli sosial, persahabaan dan komunikatif | Tes Lisan | Bermain peran | Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class. | 2 x 40 menit | 1.Script percakapan 2.Rekaman percakapan 3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan 4.Buku teks yang relevan | Rasa ingin tahu Peduli sosial Bersahabat/komunikatif |
Standar Kompetensi :
8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Nilai Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional pendek: - iklan - surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas · Ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas | 1. Tanya jawab tentang pengalaman siswa terkait tema, topik atau jenis teks yang akan dibahas. 2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks. 3. Mendengarkan teks fungsional pendek. 4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks. 5. Menyebutkan jenis teks, tujuan komunikatif dengan ciri-ciri teks yang didengar. | · Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas · Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas | Tes Tulis | Jawaban singkat | Listen to the text, answer the questions. | 2 x 40 menit | 1. Script teks fungsional. 2. Rekaman teks fungsional. 3. Tape recorder. 4. Contoh teks fungsional 5. Gambar yang relevan. 6. Benda sekitar 7. Lingkungan sekitar | Bersahabat/komunikatif Kreatif Bersahabat/komunikatif Kreatif |
10.1.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional pengumuman. · Teks fungsional : - pesan-pesan singkat · Teks fungsional : -iklan yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas | 1. Review jenis teks fungsional pendek terkait materi. 2. Mengembangkan kosa kata dan tata bahasa terkait materi. 3. Mendengarkan contoh-contoh : - pengumuman. - pesan singkat - iklan 4. Berlatih menirukan pengumuman, pesan singkat dan iklan. 5. Mengungkapakn secara lisan jenis teks terkait. | · Mengungkapkan pengumuman singkat yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran · Memberi pesa-pesan secara lisan yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran · Mengiklankan sesuatu. yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran | Tes Lisan | Performance | 1. Announce something to your friends.. 2. Tell your friends not to go home right away after class! 3. Promote a certain product to your friend! | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan. 2. Contoh teks fungsional terkait materi. 3. Gambar yang relevan. 4. Benda sekitar 5. Koran, majalah. | Bersahabat/komunikatif Kreatif Jujur |
11.2Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional pendek - iklan - surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas · Informasi dalam teks fungsional pendek - gagasan utama - informasi rinci - makna kata, frasa, kalimat yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas | 1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi. 2. Membaca teks fungsional pendek. 3. Menjawab pertanyaan isi teks. 4. Menjawab pertanyaan terkait : - jenis teks. - tujuan komunikatif - ciri kebahasaan - langkah retorika | · Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran · Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran | Tes Tulis | Pilihan Ganda | Choose the best option, a, b, c or d based on the text. | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan. 2. Contoh surat / iklan. 3. Gambar yang relevan. | Bersahabat/komunikatif Kreatif Jujur |
12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional pendek - iklan - surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas | 1. Review berbagai hal terkait teks fungsional pendek - iklan - surat pribadi 2. Menulis kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks. 3. Membuat draft iklan / surat pribadi. 4. Menulis iklan / surat pribadi. 5. Memajang hasil tulisan. | · Menulis kalimat-kalimat sederhana yang mengandung nila persahabatan, komunikatif dan kejujuran. · Menulis teks fungsional pendek - iklan - surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran | Tes Tulis | Uraian | 1. Write an advertisement based on the picture. 2. Write a letter to your friend telling your plan in the coming holiday. | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Teks otentik dari jurnal, majalah, koran | Bersahabat/komunikatif Kreatif Jujur |
8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | · Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air · Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air · Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air · Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk report - simple present tense - General nouns - Relating verbs, action verbs, istilah teknis yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air | 1. Brain storming tentang laporan pengamatan terkait topik yang dipilih. Misal: Reptiles in Comodo Island, dengan memperlihatkan gambar 2. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topok dan jenis teks narrative/report. 3. Mendengarkan laporan pengamatan ayng menggunakan gambit-gam bit tertentu: - In general..... - One exception is.... 4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative/report 5. Menjawab pertanyaan tujuan komunikatif dan langkah retorika dalam teks narrative/report 6. Menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri kebahasaan teks report | · Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air . · Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air · Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air | Tes lisan Tes tulis | Pertanyaan Pilihan ganda | Answer the questions orally Choose the best answer by crossing a,b,c, or d | 4x40 menit | 1. script teks report 2. Gambar-gambar terkait tema 3. Rekaman teks report 4. kaset, CD, VCD, Film 5. TV, CD player, VCD player 6. Replika/model obyek tertentu | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan) |
10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report | Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu · Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report · Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report · Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report Simple present tense General nouns Relating verbs, action verbs, istilah teknis yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air | 1. Tanya jawab tentang topik tertentu misalnya: Reptiles in Comodo Island 2. Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait topik yang di pilih 3. Mendeskripsikan reptiles dalam kalimat-kalimat dengan gambit gambit tertentu. Mis: In general.... Usually... Some people say..... 4. Berdiskusi dengan teman merencanakan teks monolg berbentuk narrative/report 5. Melakukan monolog berbentuk narrative/report | · Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air | Tes lisan | Performance | 1. Describe .......... 2. Report a certain animal or land orally! | 4x40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. gambar gambar terkait topik 3. Realia 4. model benda-benda | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan) |
11.1.Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Teks fungsional pendek : - iklan - surat pribadi yang merangsang minat baca | 1. Review berbagai hal tentang iklan / surat pribadi. - tujuan. - bentuk - bahasa yang digunakan. 2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang sulit. 3. Membaca nyaring teks fungsional pendek. 4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks. 5. Menentukan tujuan komunikatif teks terkait. | · Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek : - iklan - surat pribadi yang merangsang minat baca | Tes Lisan | Membaca nyaring | Read the text aloud | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan. 2. Contoh surat / iklan. 3. Gambar yang relevan. | Gemar membaca |
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | · Teks monolog berbentuk - narrative - report yang merangsang minat baca · Informasi dalam teks monolog narrative and report - gagasan utama - informasi rinci - informasi faktual yang merangsang minat baca | 1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, jenis teks. 2. Membaca teks. 3. Menjawab pertanyaan tentang isi teks. 4. Menjawab pertanyaan terkait : - jenis teks. - tujuan komunikatif. - langkah retorika | · Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report yang merangsang minat baca. · Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative and report yang merangsang minat baca. | Tes Tulis | Uraian | Answer the questions based on the text. | 2 x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan. 2. Contoh surat / iklan. 3. Gambar yang relevan. | Gemar membaca |
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report | · Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · simple present tense · General nouns · Relating verbs, action verbs, istilah teknis | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan laporan pengamatan (report ) tentang topik tertentu. Misalnya: Reptiles in Comodo Island dengan memperlihatkan gambar/replika 2. Membahas kosakata, tata bahasa: general noun, relating verbs, action verbs, present tense, istilah-istilah, paragraph dengan topic sentence. 3. Menulis kalimat menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sudah dibahas. 4. Menyusun kalimat acak menjadi teks report yang padu. 5. Menulis draft teks report sederhana bersama teman 6. Mengembangkan draft menjadi teks report yang lengkap 7. Menulis teks report sendiri secara bebas | · Menulis kalimat-kalimat descripsi yang sederhana yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan · Menulis teks essay berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan | Tes tulis | Jumbled sentences Essay bebas | Rearrange the following sentences into a good paragraph! Write a report about a certain animal or plant! Write a simple short story in your words. | 2x 40 menit | 1. Buku teks yang relevan 2. Gambar / replika 3. Objek/ lingkungan sekitar | Disiplin Religius Peduli lingkungan Cinta tanah air Kerja keras Cinta damai Gemar membaca Bersahabat (Tergantung kepada tema teks yang akan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar