Rabu, 30 Oktober 2013

SILABUS BHS INGGRIS KLS IX BERKARAKTER


Silabus



Sekolah                          : Negeri 1 Majalengka
Kelas                             : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris
Semester                        : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.       Mendengarkan
Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.    Berbicara
Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

Percakapan yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan-ungkapan
berikut
Are you sure ?
I am. It is confirmed

  1. Well... I am not sure
  2. Don’t worry




Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan.
Contoh:
Kepastian:  
of course I would     
I certainly would
Keraguan:
I don’t know
I can’t decide

Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi

Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam  percakapan

Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian dengan antusias

Merespon ungkapan yang mengungkapakan dan menanggapi keraguan dengan antusias




Tes lisan






Tes tertulis
Pertanyaan






- Pilihan ganda




-Melengkapi per cakapan
- Respond the teacher’s statement!
T: “Are you sure?
S: “.......”


- Choose the correct expression to complete the dialogue below

- Complete the dialogue according to the conversation!

2x40 menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


2.       Script percakapan
3.       Buku teks yang relevan
Rasa ingin tahu
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

Percakapan singkat yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan-ungkapan:

Are you sure ?
I am. It is confirmed.


Well... I am not sure.
Don’t worry.













Tanya jawab menggali
 kosakata terkait
 topik/tema yang
 dipelajari

Menjawab / merespon
 ungkapan-ungkapan
 terkait materi

Mendengarkan
percakapan yang
 menggunakan
 ungkapan yang telah
 dipelajari

Menjawab pertanyaan
 tentang isi percakapan

Melakukan percakapan
 berdasarkan situasi
 yang dibeikan


Bertanya dan menjawab dengan antusias tentang meminta dan memberi kepastian

Bertanya dan menjawab dengan antusias tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan





Tes lisan


Performance

Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!



2  x 40 menit

1. Buku text  yang relevan

2. Gambar-gambar terkait tema

3.Benda benda sekitar
Rasa ingin tahu



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
Percakapan yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?/Pardon?

A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.

A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?

1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.
2.       Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.
3.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4.       Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
5.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
6.       Merespon ungkapan yang diucapkan guru.

Merespon ungkapan meminta pengulangan dengan antusias

Merespon ungkapan menunjukan perhatian yang mengandung nilai kepedulian kepada orang lain

Merespon ungkapan menyatakan kegaguman yang mengandung nilai menghargai orang lain

Tes tulis
Isian singkat
Listen to the dialoque and complete the sentences.
2 x 40 menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


2.Script percakapan
Buku teks yang relevan
Rasa ingin tahu



Peduli sosial





Menghargai Prestasi

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 
Percakapan singkat yang mengudang rasa ingin tahu siswa dan memuat  ungkapan berikut :

I beg your pardon?
/Pardon?


A. I’ve got good news!
B. Tell me more about
    It!

A. What a beautiful
    day!
B. It is. Shall we go to the beach ?


Tanya jawab
 menggali kosa kata
 terkait topik / tema
 yang dipelajari.
Tanya jawab
 Menggunakan
 ungkapan terkait
 materi.
Mendengarkan
 Percakapan
 Menggunakan
 ungkapan terkait.
Menjawab pertanyaan
 tentang isi
 percakapan.
Bermain peran melakukan percakapan.
Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan dengan antusias

Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian yang mengandung nilai kepedulian kepada orang lain

Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman yang mengandung nilai menghargai orang lain
Tes lisan
Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class!
2 x 40 menit
1. Buku teks  yang relevan

2. Gambar-gambar terkait tema

3.Benda benda sekitar
Rasa ingin tahu



Peduli sosial







Menghargai Prestasi


Standar Kompetensi :
2.  Mendengarkan
      Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
      konteks kehidupan  sehari-hari
4.       Berbicara
Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
5.  Berbicara
Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan 
6.       Menulis
 Mengungkap kan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·      Teks fungsional /pendek
-       pesan singkat
-       iklan
-       pengumuman
yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas

1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.
2.       Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
3.       Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa: pesan singkat, iklan dan pengumuman




Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa, pesan singkat, iklan, pengumuman

Tes Tulis
Isian singkat
Listen to the text and complete the sentences.
2x40 menit
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)
3. Buku teks yang relevan

Jujur dan kreatif





Jujur dan kreatif




Jujur dan kreatif

4.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Teks fungsional / pendek
-       pesan singkat.
-       iklan.
-       Pengumuman
yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas.
Tanya jawab tentang
berbagai hal terkait jenis
 teks fungsional pendek
 yang akan dibahas.

Mengidentifikasi berbagai
 informasi dalam teks.
Membuat draft jenis teks
 fungsional :
-   pengumuman.
-   pesan singkat
-   iklan

Menyampaikan secara lisan:
pengumuman.
pesan singkat
iklan

Menyampaikan pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa.
Menyampaikan pesan singkat yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa
Mempromosikan (mengiklankan sesuatu) yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa.

Tes Lisan
Performance
Announce your school mates to gather in the lab after school!

Tell your friend to wait for you after school!


Promote the product from your village!


2 x 40 menit
1. Buku teks yang relevan

2. Gambar-gambar yang terkait tema

3. Benda-benda elektronik

4. Ruang multi media
Jujur dan kreatif





Jujur dan kreatif






Jujur dan kreatif

5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari



·         Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/ pengumuman, iklan dan pesan singkat yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas

·         Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas












Tanya jawab tentang
 berbagai hal terkait tema /
 topik / jenis teks yang
 akan dibaca.

Membahas kosa kata dan
 ungkapan yang digunakan
 dalam teks yang akan
 dibaca.

Membaca teks fungsional
 pendek

Menjawab pertanyaan
 tentang isi teks.

Menyebutkan jenis teks
 yang dibaca dan tujuan
 komunikatifnya.

Menyebutkan ciri-ciri
 kebahasaan teks yang
 dibaca.

Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa; pengumuman, iklan, pesan singkat


Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa,  pengumuman, iklan, pesan singkat


Tes Tulis



Tes lisan



Tes lisan
Pilihan ganda


Isian singkat



Membaca nyaring
Choose the best option, a, b, c or d based on the text.

Complete the sentences based on the text.

Read the text aloud
2 x 40 menit
Buku teks yang relevan.

Contoh teks fungsional :
-   iklan.
-   pengumuman.
-   pesan singkat

Gambar yang relevan


Jujur dan kreatif







Jujur dan kreatif







Jujur dan kreatif




Jujur dan kreatif


6.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         kalimat sederhana
-       imperatives
-       simple present

Teks fungsional pendek :
1. iklan
2. surat pribadi
yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas
1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas.
2.       Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.
3.       Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.
4.       Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan.
5.       Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks.
Menulis kalimat pendek dan sederhana yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas 


Menulis teks fungsional pendek dan sederhana yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas berupa



Tes Tulis
Uraian
1.       Write simple sentences based on the picture given.
2.       Write an advertisement based on the picture
3.       Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.


4 x 40 menit
1.Buku teks yang relevan

2.Buku resep bahasa Inggris

3.Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu

4.Gambar terkait tema

5.Realia


Jujur dan kreatif




Jujur dan kreatif













2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Teks monolog berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius





Tanya jawab yang
 berkaitan dengan tema
 tertentu, misalnya
 photography
Membahas langkah
-langkah retorika
 Berbentuk
 procedure/report dengan
 menggunakan ungkapan
-ungkapan giving and
 demanding service

Mendengarkan rekaman
 teks monolog berbentuk
 procedure/report
Menjawab pertanyaan
 yang berkaitan dengan
 teks monolog
 procedure/report yang
 didengarkan

Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report  yang mengandung nilai disiplin dan religius

Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius

Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religious
Tes lisan





Tes tertulis
Unjuk kerja





Pilihan ganda



Melengkapi kalimat rumpang
Demonstrate how to operate a digital camera!
   The teacher  will read the instruction for you

Choose the correct answer.
  Listen carefully!
- Complete the sentences!
2x40 menit
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks monolog berbentuk prosedur
3. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)

Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan)

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Teks monolog berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius



Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)
Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal:
       - Press the
         menu button
       - Sellect the           number
       of  contact
Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit tertentu
       -  Can you show
          me.....
        - Sure/ I’m not sure           - Let me show you.  First...,  then..., finally.
4.   Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan

Melakukan monolog pendek dalam bentuk
Procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius


Tes lisan



Performance

 Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih)

Observe a certain kind of things you like best and report it to the class

4 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan

2. Gambar-gambar yang terkait tema

3. Benda-benda elektronik

4. Ruang multi media
Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan)


5.1    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


·         Teks monolog procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius
·         Makna gagasan teks procedure yang mengandung nilai disiplin dan religius
·         Informasi factual
·         Informasi rinci
·         Informasi tersirat dalam teks procedure dan report yang mengandung nilai disiplin dan religius
·         Tujuan komunikatif teks procedure yang mengandung nilai disiplin dan religius

·         Langkah retorika
-   teks procedure (purpose material-steps)
-   teks report (identification-description)
yang mengandung nilai disiplin dan religius


Tanya jawab tentang
berbagai hal yang
terkait tema/topik
 yang dipilih

Mengembangkan
 kosakata dan kalimat
 terkait tema terkait
 topik / jenis teks
 prosedur

Tanya jawab tentang
 Cara
 mengerjakan/m
embuat sesuatu

Membaca teks
 prosedur

Menjawab pertanyaan
 tentang berbagai
 informasi dalam teks
 prosedur
-     Tujuan
 komunikatif
-       Bahan yang diperlukan
-       Cara melakukan.membuat sesuatu
-       Langkah retorika teks procedure/report
-       Ciri kebahasaan teks prosedur
6.    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat 

·   Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report yang mengandung nilai religius

·   Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report mengandung nilai religius

·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius


·   Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius

·   Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report yang mengandung nilai religius





Tes tulis




Tes lisan

Pertanyaan
Bacaan



Membaca nyaring

Answer the following questions based on the text

Read the text aloud

4x40 menit

Buku teks yang relevan
Buku resep bahasa Inggris
Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
Gambar terkait tema
Realia
CD
CD player
TV
Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan)

5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

·         Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman yang mengandung nilai kejujuran dan kreatifitas













Menjawab pertanyaan
 tentang isi teks.

Menyebutkan jenis teks
 yang dibaca dan tujuan
 komunikatifnya.

Menyebutkan ciri-ciri
 kebahasaan teks yang
 dibaca.
Membaca nyaring
·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman


Tes Tulis



Tes lisan




Pilihan ganda


Isian singkat



Membaca nyaring
Choose the best option, a, b, c or d based on the text.

Complete the sentences based on the text.

Read the text aloud
2 x 40 menit
Buku teks yang relevan.

Contoh teks fungsional :
-   iklan.
-   pengumuman.
-   pesan singkat

Gambar yang relevan


Jujur dan kreatif
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

·         kalimat acak dari teks procedure/ report yang mengandung nilai disiplin dan religius




·         teks monolog pendek berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius
Review berbagai hal
 tentang teks
 procedure
-     Tujuan komunikatif
-     Langkah retorika
-     Ciri kebahasaan

Mengembangkan
 kosakata dan
 kalimat terkait
 topik/jenis teks
 procedure

Menyusun kalimat
 acak berdasarkan
 urutan gambar


Menulis teks
 Procedure
 Berdasarkan
 perintah yang
 diberikan
·   Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius



·   Menulis essay berbentuk procedure/report yang mengandung nilai disiplin dan religius






Tes tulis






Tes tulis
Menyusun kalimat





Uraian
Rearrange the following jumbled sentences in a good order.


Write a procedure text telling how to operate a computer

Write a report on a certain kind of thing or place around you.
4 x 40 menit
1Buku teks yang
   relevan

2.Buku resep
   bahasa Inggris

3.Gambar-gambar
   tentang cara-cara

4.melakukan/mem
   buat sesuatu

5.Gambar terkait
   tema

6.Realia




 

Majalengka,   Juli  2010
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran





Drs. H. Saeful Uyun, M.Pd                                                                                                       Maman Suherman, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19570604 197803 1 006                                                                                                    NIP. 19670105 199103 1 010

 

 





 

Silabus

 


Sekolah                                   : SMP Negeri 1 Majalengka
Kelas                                        : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Semester                                 : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
7.       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
Berbicara
  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan



Ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan
·   menghargai orang lain, contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you






1.       Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan transactional dan interpersonal
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3.       Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun
4.       Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan yang santun
5.       Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun
6.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan



Merespon ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan
menghargai orang lain











Tes lisan



Tes tulis















Unjuk kerja

Isian singkat



Pilihan Ganda





Melengkapi



Benar/salah





 Merespon

Who are involved in the conversation?

Choose the right answer/response
for the following question/state
ment

Fill in the blank spaces with the right expressions

State whether the following statement is True or False .


Would you mind opening the door please?

4 x 40 menit

1.Script percakapan

2.Rekam an percakapan


3.CD, VCD, Film tentang percakapan
Religius
Menghargai orang lain

9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan


Percakapan memuat ungkapan kesantunan yang mengandung nilai religius dan menghargai orang lain, contoh:
A.       Could you please ...?
B.       With pleasure.













1.         Tanya jawab terkait dengan ungkapan kesantunan berbicara dalam percakapan transaktional dan interpersonal
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3.         Menirukan percakapan yang santun
4.         Menirukan gambit-gambit yang santun:
-        Sorry, but.....
-        I’m not really interested in...
-       That’s very kind of you!

5.         Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan secara berpasangan
6.         Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya


·   Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan
yang mengandung nilai religius dan
menghargai orang lain



Tes lisan



Performance





Interview

Perform a dialogue showing politeness with your friend in front of the class!

Answer the question orally and politely!



2 x 40 menit
1.Script percakapan
2.Rekaman percakapan
3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku teks yang relevan


Religius
Menghargai orang lain
7.2    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

Percakapan memuat:
·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu, contoh:
A.       Guess what!  I’ve got good news!
B.       Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita yang mengandung nilai peduli social, persahabaan dan komunikatif
A.       I got 10 for the English test
B.       Really ?? That’s fantastic!

1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
2.       Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3.       Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5.       Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.

·         Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu



Merespon ungkapn memberi komentar terhadap berita yang mengandung nilai peduli social, persahabaan dan komunikatif
Tes Lisan




Tes Tulis

Merespon ungkapan



Melengkapi
Listen to the statement and give your response.

Listen to the conversation and complete the blank spaces.
2 x 40 menit
1.       Script percakapan
2.       Rekaman percakapan
3.       Tape recorder
4.       Buku yang relevan
5.       Gambar-gambar terkait tema / topik yang dipilih.



Rasa ingin tahu







Peduli sosial
Bersahabat/komunikatif
9.2.  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita

·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu, contoh:
A.       Guess what! I’ve got hot news!
B.       Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita yang mengandung nilai peduli sosial, persahabaan dan komunikatif
B.       I got 10 for the English test
C.      Really ?? That’s fantastic!


1.       Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
2.       Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
3.       Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
4.       Bermain peran melakukan percakapan.

·   Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian yang mengundang rasa ingin tahu





·   Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita
yang mengandung nilai peduli sosial, persahabaan dan komunikatif

Tes Lisan
Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
2 x 40 menit
1.Script percakapan
2.Rekaman percakapan
3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku teks yang relevan

Rasa ingin tahu








Peduli sosial
Bersahabat/komunikatif



Standar Kompetensi :
8.       Mendengarkan
Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
10.      Berbicara
Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
11.    Membaca
Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.    Menulis
Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·   Teks fungsional pendek:
-       iklan
-       surat pribadi
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas
·   Ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas


1.       Tanya jawab tentang pengalaman siswa terkait tema, topik atau jenis teks yang akan dibahas.
2.       Membahas kosa kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks.
3.       Mendengarkan teks fungsional pendek.
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.       Menyebutkan jenis teks, tujuan komunikatif dengan ciri-ciri teks yang didengar.




·   Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas


Tes Tulis
Jawaban singkat
Listen to the text, answer the questions.
2 x 40 menit
1.       Script teks fungsional.
2.       Rekaman teks fungsional.
3.       Tape recorder.
4.       Contoh teks fungsional
5.       Gambar yang relevan.
6.       Benda sekitar
7.       Lingkungan sekitar


Bersahabat/komunikatif
Kreatif



Bersahabat/komunikatif
Kreatif

10.1.Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional pengumuman.
·        Teks fungsional : - pesan-pesan singkat
·        Teks fungsional : -iklan
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas
1.       Review jenis teks fungsional pendek terkait materi.
2.       Mengembangkan kosa kata dan tata bahasa terkait materi.
3.       Mendengarkan contoh-contoh :
-   pengumuman.
-   pesan singkat
-   iklan
4.       Berlatih menirukan pengumuman, pesan singkat dan iklan.
5.       Mengungkapakn secara lisan jenis teks terkait.


·         Mengungkapkan pengumuman singkat yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran
·         Memberi pesa-pesan secara lisan yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran
·         Mengiklankan sesuatu. yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran
Tes Lisan
Performance
1.       Announce something to your friends..
2.       Tell your friends not to go home right away after class!
3.       Promote a certain product to your friend!

2 x 40 menit
1.       Buku teks yang relevan.
2.       Contoh teks fungsional terkait materi.
3.       Gambar yang relevan.
4.       Benda sekitar
5.       Koran, majalah.

Bersahabat/komunikatif
Kreatif
Jujur
11.2Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas


·         Informasi dalam teks fungsional pendek
-       gagasan utama
-       informasi rinci
-       makna kata, frasa, kalimat
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas

1.    Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
2.    Membaca teks fungsional pendek.
3.    Menjawab pertanyaan isi teks.
4.    Menjawab pertanyaan terkait :
-   jenis teks.
-   tujuan komunikatif
-   ciri  kebahasaan
-   langkah retorika

·         Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran


·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran



Tes Tulis
Pilihan Ganda
Choose the best option, a, b, c or d based on the text.
2 x 40 menit
1.    Buku teks yang relevan.
2.    Contoh surat / iklan.
3.    Gambar yang relevan.

Bersahabat/komunikatif
Kreatif
Jujur
12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi
yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kreativitas
1.       Review berbagai hal terkait teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi
2.       Menulis kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3.       Membuat draft iklan / surat pribadi.
4.       Menulis iklan / surat pribadi.
5.       Memajang hasil tulisan.

·        Menulis kalimat-kalimat sederhana yang mengandung nila persahabatan, komunikatif dan kejujuran.
·        Menulis teks fungsional pendek
-       iklan
-       surat pribadi yang mengandung nilai persahabatan, komunikatif dan kejujuran
Tes Tulis
Uraian
1.       Write an advertisement based on the picture.
2.       Write a letter to your friend telling your plan in the coming holiday.


2 x 40 menit
1.       Buku teks yang relevan
2.       Teks otentik dari jurnal, majalah, koran
Bersahabat/komunikatif
Kreatif
Jujur
8.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report   
·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk report
-       simple present tense
-       General nouns
-       Relating verbs, action verbs, istilah teknis
yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air


1.       Brain storming tentang laporan pengamatan terkait topik yang dipilih.
Misal: Reptiles in Comodo Island, dengan memperlihatkan gambar
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topok dan jenis teks narrative/report.
3.       Mendengarkan laporan pengamatan ayng menggunakan gambit-gam bit tertentu:
-       In general.....
-       One exception is....
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative/report
5.       Menjawab pertanyaan tujuan komunikatif dan langkah retorika dalam teks narrative/report
6.       Menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri kebahasaan teks report

·   Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air .
·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air
·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air



Tes lisan



Tes tulis
Pertanyaan



Pilihan ganda
Answer the questions orally


Choose the best answer by crossing a,b,c, or d
4x40 menit
1. script teks report
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Rekaman teks report
4. kaset, CD, VCD, Film
5. TV, CD player, VCD player
6. Replika/model obyek tertentu

Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan)

10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

 Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
   Simple present tense
General nouns
Relating verbs, action verbs, istilah teknis
yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air

1.       Tanya jawab tentang topik tertentu misalnya: Reptiles in Comodo Island
2.       Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait topik yang di pilih
3.       Mendeskripsikan reptiles dalam kalimat-kalimat dengan gambit gambit tertentu.
Mis:
   In  general....
         Usually...
         Some people
         say.....
4.       Berdiskusi dengan teman merencanakan teks monolg berbentuk narrative/report
5.       Melakukan monolog berbentuk narrative/report
·   Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report yang mengandung nilai cinta damai dan cinta tanah air

Tes lisan
Performance
1. Describe  ..........


2. Report a certain animal or land orally!




4x40 menit
 1. Buku teks yang relevan
2. gambar gambar terkait topik
3. Realia
4. model benda-benda
Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan diajarkan)

11.1.Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·        Teks fungsional pendek :
-   iklan
-   surat pribadi
yang merangsang minat baca
1.       Review berbagai hal tentang iklan / surat pribadi.
-       tujuan.
-       bentuk
-       bahasa yang digunakan.
2.       Membahas kosa kata dan tata bahasa yang sulit.
3.       Membaca nyaring teks fungsional pendek.
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.       Menentukan tujuan komunikatif teks terkait.

·        Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek :
-   iklan
-   surat pribadi yang merangsang minat baca
Tes Lisan
Membaca nyaring
Read the text aloud
2 x 40 menit
1.       Buku teks yang relevan.
2.       Contoh surat / iklan.
3.       Gambar yang relevan.

Gemar membaca
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

·         Teks monolog berbentuk
-       narrative
-       report
yang merangsang minat baca
·         Informasi dalam teks monolog narrative and report
-       gagasan utama
-       informasi rinci
-       informasi faktual
yang merangsang minat baca
1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, jenis teks.
2.       Membaca teks.
3.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
4.       Menjawab pertanyaan terkait :
-   jenis teks.
-   tujuan komunikatif.
-   langkah retorika
·         Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report yang merangsang minat baca.

·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks monolog berbentuk narrative and report yang merangsang minat baca.

Tes Tulis
Uraian
Answer the questions based on the text.
2 x 40 menit
1.       Buku teks yang relevan.
2.       Contoh surat / iklan.
3.       Gambar yang relevan.

Gemar membaca
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report


·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·   simple present tense
·   General nouns
·   Relating verbs, action verbs, istilah teknis

1.       Tanya jawab yang berkaitan dengan laporan pengamatan (report ) tentang topik tertentu. Misalnya: Reptiles in Comodo Island dengan memperlihatkan gambar/replika
2.       Membahas kosakata, tata bahasa: general noun, relating verbs, action verbs, present tense, istilah-istilah, paragraph dengan topic sentence.
3.       Menulis kalimat menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sudah dibahas.
4.       Menyusun kalimat acak menjadi teks report yang padu.
5.       Menulis draft teks report sederhana bersama teman
6.       Mengembangkan draft menjadi teks report yang lengkap
7.       Menulis teks report sendiri secara bebas
·         Menulis kalimat-kalimat descripsi yang sederhana yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·         Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan
·         Menulis teks essay berbentuk narrative/report yang mengandung nilai persahabatan dan peduli lingkungan





Tes tulis
Jumbled sentences



Essay bebas
Rearrange the following sentences into  a good paragraph!

Write a report about a certain animal or plant!

Write a simple short story in your words.
2x 40 menit
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar / replika
3. Objek/ lingkungan sekitar
 Disiplin
Religius
Peduli lingkungan
Cinta tanah air
Kerja keras
Cinta damai
Gemar membaca
Bersahabat
(Tergantung kepada tema teks yang akan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar