Silabus
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII / 2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | MateriPokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang serta meminta dan memberi fakta 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get | Contoh: A : Pass me the pencil, please! B : sure. Here you are. A : Give me a piece of paper please! B : sure, here you are A : Did you come here yesterday? B : I did. Contoh : A : What do you think? B : Not bad. A : I like tea. B : I dont. I like milk. A: Are you sure? B: Iam A: Are you? B: Yes, Iam | 1. Tanya jawab yang terkait dengan materi secara cermat dan kreatif . 2. Membahas kosa kata dan tata bahasa : noun phrase, adjective, adverb, verb yang terkait dengan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi fakta dengan cermat . 3. Mendengarkan percakapan yang terkait sesuai dengan materi dengan cermat . 4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi percakapan dengan kreatif , inovatif dan cermat. 5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan dengan kreatif dan inovatif 1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang topik materi yang akan disampaikan dengan teliti dan cermat 2. Mendengarkan dan merespon penjelasan kosakata dan tata bahasa tentang topik materi yang akan dipelajari dengan cermat | Merespon ungkapan ungkapan · Meminta dan memberi jasa dengan cermat · Meminta dan memberi barang dengan cermat dan inovatif · Meminta dan memberi fakta dengan cermat Merespon ungkapan-ungkapan : · Meminta dan memberi pendapat dngan cermat kreatif · Menyatakan suka dan tidak suka dengan cermat · Meminta klarifikasi dengan cermat · Merespon secara interpersonal dengan cermat dan teliti . | Tes lisan Tes tertulis Unjuk kerja Tes lisan Tes tulis | Merespon ungkapan l Merespon tindakan Merespon ungkapan lisan Pilihan ganda | Listen to the expressions and respons to it. Listen to the expressions and match it the suitable response. Pass me the pencil, please! Respond to the following expression orally. A: What do you think? B: Not........... A: What do you like to drink? B: ................. Listen to the expression and choose the best option A: Are you sure? B: ................... a. Ok b. Fine b. Alright d. Iam | 2x40 menit | Script Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD) Buku guru Script percakapan di buku teks Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film Rekaman percakapan otentik | · Kreatif · Inovatif · cermat |
Kompetensi Dasar | MateriPokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang meng-gunakan ragam ba-hasa lisan sangat se-derhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-iteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal | | 3. Mendengarkan percakapan transaksional dan interpersonal tentang topik materi yang akan dipelajari dngan cermat 4. Mengidentifikasi tindak tutur ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan cermat dan kreatif 5. Merespon ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan percaya diri. | · Kesantunan dengan sopan | Tes lisan Tes tulis | Melengkapi | B: ............ Listen to the questions / expressions and complete the sentences. A:could you open the door for me? B: ......... A: Sorry I’m Late. B: ......... | 2x40 menit | | · Kreatif · Cermat · Percaya diri |
Standar Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
8.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Contoh: · Teks fungsional pendek berupa: - Instruksi - Daftar barang - Ucapan selamat - Pengumuman · Kosakata terkait tema dan jenis teks · Ciri kebahasaan teks fungsional: - Instruksi - Daftar barang - Ucapan selamat - Pengumuman | 1. Brain storming tentang kosakata yang terkait dengan materi dengan berpikir logis dan kritis. 2. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase dengan cermat. 3. Mendengarkan teks fungsional yang emnggunakan gambit-gambit attention please, excusme, sorry dengan cermat 4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks yang di dengar dengan berpikir logis dan kritis . 5. Menjawab pertanyaan tentang struktur teks fungsional yang didengar secara kreatif dan inovatif | · merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa: - Instruksi - Daftar benda/ barang - Ucapan selamat - Pengumuman dengan berfikir logis dan kritis . Menentukan fungsi komunikatif teks yang di dengar dengan cermat Menentukan ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar dengan cermat. . | Tes lisan Tes tertulis Unjuk kerja | ·Pertanyaan · Pilihan ganda · Melengkapi · Melakukan perintah | Listen to the text and answer the questions Listen to the text and choose the best options Listen to the text and complete the sentences. Listen to the instructions and do it ! | 4x40 menit | Script di buku guru tentang: - instruksi - daftar barang - ucapan selamat - pengumuman Rekaman | · Kreatif · Inovatif · Berpikir logis dan kritis |
8.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dengan teks berbentuk descriptive dan procedure | Contoh: · Teks monolog berbentuk : - Deskriptif - Prosedur · Kosakata terkait tema/jenis teks · Ciri kebahasaan teks deskriptif dan prosedur · Langkah retorika teks deskriptif/prosedur | 1. Mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait tema/jenis teks yang dibahas dengan cermat dan seksama . 2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam teks deskriptif dan prosedur dengan seksama dan tanggung jawab. 3. Mendengarkan model monolog teks descriptive/prosedur dengan cermat. 4. Menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks yang didengar dengan kreatif dan inovatif. 5. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar dengan kreatif dan inovatif. 6. Mengidentifikasi kata kerja dari teks yang didengar dengan cermat dan inovatif. 7. Mendengarkan teks deskriptif/prosedur lainnya dengan cermat dan teliti . | · Merespon informasi dalam teks lisan monolog berbentuk: - Deskriptif - Prosedur dengan cermat dan seksama . · Menentukan ciri kebahasaan teks yang didengar dengan cermat dan berfikir logis . · Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar dengan cermat . | Tes lisan Tes tulis Penugasan | Pertanyaan lisan Pilihan ganda T/F Completion Tugas rumah | Listen and answer the following questions! Listen to the text and choose the best answer by crossing a, b,c, or d Listen and make a draft of retelling descriptive/procedure text. | 4x40 menit | Script teks monolog deskroptif/prosedur dalam buku guru Rekaman teks monolog deskriptif/monolog | · Seksama · Tanggung jawab · Kreatif · Inovatif |
Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta. | Contoh: A : Pass me the pencil, please? B : Sure. Here you are. A : Give me the paper, please? B : Sure, here it is | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan percaya diri dan bersahabat komunikatif . 2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase dengan cermat dan kreatif . 3. Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi dengan percaya diri dan lugas 4. Berlatih dengan teman menggunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi dengan sopan dan bekerja sama. 5. Bermain peran menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dengan percaya diri. | · Bertanya dan menjawab berbagai informasi : - Meminta dan memberi jasan - Meminta dan memberi barang - Meminta dan memberi fakta dengan sopan dan percaya diri serta bersahabat komunikatif . | § Tes Lisan | Performance Merespon ungkapan Bermain peran | · Perform the dialogue with your friend in front of the class · Listen to the expression and respond to it, example : 1. Pass me the salt, please! 2. Give me the paper, please! · Create a dialogue based on the role cards and perform it. | 2x40 menit | · Script percakapan · Buku teks yang relevan · Alat peraga | · Sopan · Bekerja sama · Percaya diri |
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal | Contoh : A. What do you think of this? B. Not bad. A. I like tea B. I dont. A. Are you sure? B. Iam A. Do you? B. I do. | 1. Mendengarkan dan memberi respon pertanyaan tentang topik materi yang akan disampaikan dengan cermat dan seksama . 2. Mendengarkan dan merespon pembahasan tentang kosakata dan tata- bahasa yang terkait dengan topik materi yang akan disampaikan dengan cermat . 3. Mendengarkan model per-cakapan transaksional dan interpersonal dengan topik materi yang dipelajari secara cermat dan seksama 4. Menirukan model percakapan transaksional dan interpersonal dengan topik materi yang dipelajari dengan percaya diri . 5. Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal dengan teman dengan materi yang dipelajari dengan percaya diri. | 1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai informas I dengan cermat, seksama dan percaya diri: · Meminta dan memberi pendapat · Menyatakan suka dan tidak suka · Meminta klarifikasi · Merespon secara interpersonal | § Tes lisan | Performance Daftar pertanyaan Bermain peran | Perform a dialogue about asking and giving information with your own words! Answer the following questions orally! Create a dialogue based on the role cards and perform it. | 4x40 menit | Script percakapan dalam buku teks Script otentik Rekaman percakapan Alat peraga | · Cermat · Seksama · Percaya diri |
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
10.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Teks Fungsional pendek berbenruk: · Intruction · Shopping list · Greetings · Announcement | 1.Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan percaya diri dan kreatif . 2.Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb dengan kerjasama . 3.Menirukan ungkapan ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi dengan kreatif 4.Mendengarkan teks fungsional Pendek dengan cermat . 5.Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar dengan kreatif 6.Menggunakan ungkapan ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi dengan teman berpasangan dengan kreatif dan kerjasama. 7.Menggunakan ungkapan ungkapan sesuai dengan materi dalam keadaan/situasi nyata dengan percaya diri. | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk : - Instruksi - Daftar barang - Pengumuman - Ucapan selamat Dengan percaya diri dan kreatif . 1.Memberi instruksi dengan jelas dan sopan . 2.Menyebut daftar benda dengan cermat dan jelas . 3.Mengucapkan selamat dengan sopan . 4.Mengumumkan sesuatu dengan percaya diri.. | Tes lisan | § Performance | · Give instruction to your friend orally based on the picture. · Make a list of things you find in... · Announce a certain information to your friend · Congratulate your friend on his/her success | 4x40 menit | 1. Script percakapan dari Buku teks 2. Alat Peraga | · Kreatif · Percaya diri · Kerjasama · Cermat · Jelas dan santun | |
10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure | 1. Teks monolog berbentuk : Descriptive/procedure 2. Kosakata terkait tema/jenis teks. 3. Ciri kebahasaan teks deskriptif/prosedur | 1. Mendengarkan dan memberi respon berbagai hal tentang teks deskriptif/prosedur dengan cermat . 2. Memperhatikan dan merespon penjelesan tentang kosakata dan tata bahasa dalam teks monolog deskriptif/prosedur tentang Dea/How to make a cup of tea.dengan cermat 3. Mendengarkan model monolog lisan tentang teks deskriptif/prosedur dengan cermat 4. Mendiskusikan dalam kelompok draft monolog mendeskripsikan kembali, menyampaikan prosedur dengan kata-kata sendiri secara cermat dan kerjasama. 5. Melakukan monolog lisan secara individu secara mandiri dan percaya diri. | 1. Mengungkapakan berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk : deskriptif/prosedur dengan kreatif 2. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar dengan jelas dan cermat . 3. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar dengan teliti . 4. Melakukan monolog dalam bentuk deskriptif/prosedur dengan cermat dan kerjasama . | Tes lisan | Daftar pertanyaan Performance | Answer the following questions orally Describe something/someone with your own words orally in front of the class Tell your friends how to do something (make a cup of tea) | 4x40 menit | Script monolog teks deskriptif/prosedur dalam buku teks Script otentik Rekaman Monolog Alat peraga | · Cermat · Kerjasama · Percaya diri · Mandiri | |
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | Karakter | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
11.1 Merespon makna terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat. | Teks fungsional pendek berupa : - Instruksi - Daftar barang - Ucapan selamat - Pengumuman | - Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan kreatif . - Membahas kosakata dan tata bahasa : noun, noun phrase, adj, verb, adverb dengan cermat dan teliti . - Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru dengan cermat . - Berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan secara demokratis - Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual dengan kreatif - Membaca nyaring bergiliran dengan cermat dan percaya diri. | · Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa: - Instruksi - Daftar barang - Ucapan selamat - Pengumuman Dengan jelas . · Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek secara cermat . · Membaca nyaring teks fungsional pendek secara jelas dan cermat . | Tes tulis Tes lisan Esai | Pertanyaan Esai Pertanyaan bacaan Performance | - Write down the answers completely - Choose the best answer by crossing a, b, c, d - Answer the questions orally! - Read the text aloud | 2x40 menit | Buku teks yang relevan Teks otentik | · Demokratis · Percaya diri · Kreatif · Cermat |
11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat Dalam teks berbentuk deskriptive/procedure. | Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure Kosakata terkait tema/jeni teks Ciri kebahasaan teks : - Procedure - Descriptive | 1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang teks deskriptif/prosedur dengan topik materi yang akan dibaca dengan cermat . 2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata bahasa yang berkaitan dengan teks deskriptif/prosedur yang akan dibaca. nirukan membaca nyaring dengan cermat dan kreatif . 3. Memperhatikan penjelasan tentang langkah retorika teks deskriptif/prosedur dengan 4. Mengidentifikasi langkah retorika dalam kerja kelompok secara cermat dan kreatif 5. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kerja kelompok 6. Mengidentifikasi langkah retorika dan berbagai informasi secara mandiri | Mengidentifikasi berbagai informa si dalam teks deskriptive dan procedure · Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks descriptive dan procedure dengan cermat · Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks deskriptif/prosedur dengan cermat dan kreatif · Mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif/prosedur dengan cermat dan kreatif · Menyebutkan ciri kebahasaan teks deskriptif/prosedur dengan cermat . | Tes lisan Tes tulis | Daftar pertanyaan Uraian | - Read the text carefully and then answer the following questions briefly - Answer the questions based on the text! | 4x40 menit | - Buku teks yang relevan - Teks otentik Alat peraga | · Cermat · Kreatif · Mandiri |
11.3 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima | Teks descriptive/procedure Pronunciation Intonation Punctuation | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring teks descriptive/procedure tentang pentingnya pronunciation, intonation, punctuation, kualitas suara dengan jelas 2. Mendengarkan model membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan seksama 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model dengan seksama . 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar dengan percaya diri | Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar · Membaca kata, frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar secara jelas · Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar secara cermat .. | Tes unjuk kerja | Melafalkan Intonasi Membaca nyaring | Pronounce the following words or phrases correctly Read the following sentences by applying correct intonation! Read the following text loudly! | 2x40 menit | Buku teks Teks otentik | · Percaya diri · Seksama |
Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Aloka si Waktu | Sumber Belajar | Karakter | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
12.1 Mengungkapkan makna da-lam teks tulis fungsi-onal pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat | · Teks fungsional pendek berbentuk: - Instruksi - Daftar barang - Kartu ucapan - Pengumuman · Kosakata terkait tema/jenis teks · Ciri kebahasaan teks fungsional | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan kreatif,inovatif dan cermat . 2. Membahas dan mengembangkan kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb, simple pr tense, imperative dengan kreatif , inovatif,dan cermat . 3. Membuat frasa, kalimat sesuai dengan materi dengan cermat dan teliti . 4. Membahas struktur atau ciri teks tulis fungsional pendek dengan berpikir logis, kritis 5. Membuat teks tulis fungsional pendek terpimpin atau dengan teman dengan kreatif . 6. Membuat teks tulis fungsional pendek sendiri dengan bebas dan kreatif | · Menulis teks fungsional pendek Berbentuk: - Instruksi - Daftar barang - Pengumuman - Ucapan selamat Dengan cermat dan teliti . · Menulis kalimat sederhana dengan cermat, teliti, dan mandiri . | Tes tulis | Melengkapi Esai bebas | Complete the sentences Write down your own shopping list based on the situation given. | 4x40 menit | -Buku teks - Alat peraga - tempat-tempat umum yang ada teks fungsional | · Berpikir logis · Kritis { · Kreatif | |
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure | Teks monolog berbentuk Descriptive/procedure | 1. Mendengarkan dan meres-pon introduction tentang penulisan teks monolog deskriptif/prosedur dengan kreatif . 2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata bahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif/prosedur secara cermat dan seksama 3. Memperhatikan dan membaca teks deskriptif /prosedur dengan teliti . 4. Menulis frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif/prosedur dengan kreatif 5. Menulis teks deskriptif/prosedur dengan struktur teks yang benar dengan kreatif dan teliti . | · Melengkapi teks descriptive/procedure dengan kreatif . · Menyusun teks cermat dan seksama · Menulis teks berbentuk - Descriptive/procedure dengan kreatif dan teliti | Tes tulis | Melengkapi Menyusun teks Esai | -Complete the blank spaces correctly Arrange the jumbled sentences into a good descriptive/procedure text Write down a simple descriptive/procedure text based on the picture with your own words | 4x40 menit | Buku teks Alat peraga Teks otentik | · Cermat · Kreatif · Seksama | |
| | | | |||||||
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
02
SMP :
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII / 1I
Waktu : 4 x 40 menit( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
KOMPETENSI DASAR
4.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure den dengan creatif
1. Tujuan pembelajaran
Pada Akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menuliskan kata-kata/phrase yang menggambarkan fisik seseorang dengan cermat
b. Melengkapi kalimat/paragraph sederhana dengan kata-kata yang disediakan dengan cermat
c. Menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraph yang padu
d. Menulis sebuah paragraph deskriptif pendek sederhana tentang gambaran seseorang/sesuatu
2. Materi Pembelajaran
- Vocabulary yang terkait dengan gambaran fisik seseorang/sesuatu yang ada di lingkungan sekolah.
- Spelling dan punctuation
- Phrase yang berhubungan dengan gambaran seseorang/sesuatu, misalnya: sharp nose, curly hair, green school, etc.
- Communicative purpose teks deskriptif dan latihannya
- Sentences dan latihannya, misalnya:
· Ahmad is handsome
· He has straight hair, etc.
- Paragraph dan latihannya
Misalnya:
Complete this paragraph with the words in the box
Hafid is one of my classmate. He ... (1) a clever and ... (2) student. He ...(3) at 15 jalan Sudirman. He is twelve years ... (4). (5)... hobby is playing chess. He goes to Junior High School and He is in the seventh grade. He likes english ... (6) very much. He ... (7) one brother and one sister. | · Diligent · Lives · Old · His · Has · Is · subject |
Contoh teks deskriptif dan langkah retorikanya dan latihannya.
Langkah Retorika | Contoh Teks |
Identification | Gandi is one of my classmates |
Description | He is a smart and hard working student. He is thirteen years old. His hobby is camping. He goes to Junior High School and He is in the seventh grade. He is good at every subject at school but his favorite subject is English. |
3. Metode Pembelajaran / Teknik
- Guided writing
- PPP (Presentation, Practice, Production)
4. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Memberi salam dan mengabsen siswa.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
3. Apersepsi dengan social chat and un expected situation
b. Kegiatan inti
1. Pertemuan 1
Siswa:
1) Mengidentifikasi nama-nama anggota tubuh (parts of our body) dengan kreatif dan cermat.
2) Secara berkelompok kecil (in pairs), siswa melengkapi phrase-phrase deskirptif yang berhubungan dengan gambaran fisik seseorang
3) Secara berkelompok, siswa menuliskan sebuah paragraph pendek sederhana tentang gambaran seseorang.
2. Pertemuan 2
Siswa:
1) Menyusun kalimat sederhana menjadi sebuah paragraph yang padu dalam bentuk deskriptif
2) Membuat sebuah paragraph sederhana tentang gambaran seseorang/sesuatu yang ada di lingkungan sekolahnya.
c. Kegiatan Penutup
1. Memperhatikan kesimpulan tentang hal-hal yang telah diajarkan guru
2. Memberi refleksi/komentar tentang hal-hal yang telah dipelajari.
3. Memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru untuk memantapkan kompetensi menulis teks deskriptif.
4. Memperhatikan harapan-harapan dan nasehat yang disampaikan guru.
5. Sumber dan Media Belajar
1. Expressive English
2. Let’s Talk
3. Gambar-gambar tentang benda-benda lingkungan sekolah
6. Tugas terstruktur
a. Siswa mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif dari teks / wacana yang tersedia di buku sumber.
b. Tugas menulis individu:
Teks deskriptif dengan tema “Lingkungan Sekolah”
7. Penilaian
Indikator | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |
a. Menuliskan kata-kata/phrase yang menggambarkan fisik seseorang b. Melengkapi kalimat/paragraph sederhana dengan kata-kata yang disediakan c. Menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraph yang padu d. Menulis sebuah paragraph deskriptif pendek sederhana tentang gambaran seseorang/sesuatu | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Uraian Uraian Uraian Uraian | 1. Write down some words/phrases about someone’s appearance 2. Complete this paragraph with the words given in the box 3. Arrange these sentences into a coherent paragraph 4. Write a simple paragraph describing someone/something at school. |
Aspek | Skor | Keterangan |
Langkah retorika | 4 3 2 1 | Berstruktur sesuai jenis deskripsi secara maksimal Berstrukktur minimal sesuai jenis teks deskripsi Pilihan teks tidak jelas Tidak berstruktur dan sulit dipahami |
Tata bahasa | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti Kurang tepat dan mempengaruhi arti Sulit dimengerti |
Kosa kata | 4 3 2 1 | Benar dan tepat Terkadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti Kurang tepat dan mempengaruhi arti Sulit dimengerti |
Kejelasan makna | 4 3 2 1 | Sangat jelas dan sangat efektif Cukup jelas dan efektif Jelas tapi tidak efektif Kurang jelas |
Hubungan antar gagasan | 4 3 2 1 | Sangat jelas Cukup jelas Kurang jelas Tidak jelas |
Mengetahui : Ciamis,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
........................................ ........................................
NIP. NIP.
Lampiran : SOAL LATIHAN
Reading
- Read the following text carefully then answer the questions
This is Gandi’s school. It is at 14 Jalan Supratman. It has a very large school yard. The students do the flag ceremony every Monday morning in the school yard. They also play sport there because there is a volley ball field and a badminton court. There is a beautiful park in the yard in front of the teacher’s room. There is a small pond with some beautiful fish there. There are two big trees at the side of the pond. There is also a garden near the park. You can see many kinds of flowers there; roses, jasmines, sun flowers, and so on. The flowers are all very beautiful.
1. Where is Gandi’s school?
2. When do the students do the flag ceremony?
3. How many big trees are at the side of the pond?
4. What is the social function of the text above?
5. The first sentence of the text above belongs to …
- Complete the following sentences with the correct words in the box.
- Plays - hold - watch - lend - cooks - buys |
1. My mother … some food in the kitchen everyday.
2. Mr. Ahmad … football every Sunday morning.
3. The librarians …books to the students everyday
4. The students … the flag ceremony every Monday morning.
5. We … TV program in the living room every night.
- Arrange the following jumbled words into good sentences.
1. drives – every morning – my – car – his – father
2. the – Aminah – every Sunday – Mrs. – cleans – house
3. play – badminton- Anton – the – in – Rudi – court – and
4. English – teacher- teaches-the-class-the-in
5. drink – every morning – coffee – parents – my
KEY ANSWERS FOR READING QUESTIONS
- It is at 14 Jalan supratman.
- Every Monday morning
- Two big trees
- To describe Gandi’s school to the readers.
- Identification
Tidak ada komentar:
Posting Komentar