Silabus
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : menyapa orang yang belum/
sudah dikenal, mem-perkenalkan diri sen-diri / orang lain, dan memerintah atau melarang
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get
|
Contoh:
A : Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to meet you
A : Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to meet you
A : Don’t do that
B : No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
Contoh :
A : Where’s the book?
B : It’s there.
A : Thank you.
B : You’re.
|
· Tanya jawab yang terkait dengan materi
· Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang dengan berpikir kritis
· Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang, secara cermat dan rasa ingin tahu.
· Menjawab / merespon pertanyaan,secara cermat dan sopan.
1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi,ung-
kapan terimakasih,
permintaan maaf,
kesantunan, secara kreatif
dan cermat.
2. memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
|
Merespon ungkapan ungkapan
· Sapaan orang yang sudah / belum dikenal secara cermat dan rasa ingin tahu
· Perkenalan diri sendiri / orang lain secara cermat dan sopan.
· Perintah / larangan
Merespon ungkapan-ungkapan :
· Meminta dan memberi informasi secara kreatif
dan cermat.
· Ungkapan terima kasih secara kreatif
dan cermat.
· Permintaan maaf
|
Tes lisan
Tes tertulis
Unjuk kerja
|
Merespon ungkapan lisan
Pilihan Ganda
Responding
Merespon pertanyaan / ungkapan lisan
|
Listen to the expressions and give your response.
· A: Good morning.
B: .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
· “Hi, I’m Yeny,... ....to meet you
a. Nice
b. meet
c. fine
d. Thanks
· Give it to me.
Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are in
the conversation?
B: ............
A: thank you so much.
|
2x40 menit
|
· Script
· Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
Buku guru
Script percakapan tulis
Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film
|
· Cermat
· Berpikir kritis
· Ingin tahu
· sopan
|
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang meng-gunakan ragam ba-hasa lisan sangat se-derhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-iteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi infor-masi, mengucapkan terima kasih, memin-ta maaf, dan meng-ungkapkan kesan-tunan
|
welcome.
A : I’m sorry.
B : it,s okay.
A : Please..!
B : All right thanks
|
3. mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi,ungkapan terima kasih, permintaan maaf dan kesantunan dengan berpikir kritis dan cermat.
4. mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan
|
· Kesantunan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi
|
B: ............
Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
A:could you open the door
for me?
B: .........
A: Sorry I’m Late.
B: .........
|
2x40 menit
|
· Kreatif
· Cermat
· Berpikir kritis
|
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
· Keep clean !
· Things to buy
- Meat
- Flour
- Salt
- Oil coconut
· Congratulations !
· Well done !
· Bravo !
· Announcement !
“ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m”
|
1. Tanya jawab yang terkait dengan materi dengan cermat
2. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang dengan kreatif dan inovatif
3. Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi secara cermat.
4. Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan secara kreatif dan inovatif.
|
· merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
· Instruksi
· Daftar benda / barang
· (Shoping list )
· Ucapan selamat
· Pengumuman
Secara kreatif dan inovatif
|
·Tes lisan
·Unjuk kerja
·Tes tertulis
|
·Pertanyaan
·Respon
tindakan
·Benar
salah
|
· A:What does Mrs Artini need ?
B: ...............
· Close the door, please !
· Copy these sentences !
Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F)
· Linda buys a bootle of coconut oil ...... (T / F)
etc
|
4x40 menit
|
· Script percaka
pan
· Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari
· Bahan rekaman
|
· Cermat
· Kreatif dan inovatif
|
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
· Congratulations !
· Well done !
· Bravo !
· Announcement !
“ All the members of English Club gather on Saturday at 1 p.m”
|
1. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.
2. Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement
3. Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait secara cermat.
4. Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi secara ulet dan teliti
5. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan secara kreatif dan inovatif
|
· Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Shopping list
- Greeting card
- Announcement
secara teliti dan cermat
|
Tes lisan
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Daftar pertanyaan
Game
Melengkapi
T/F
Pilihan ganda
Menjodoh
kan
Respon tindakan
|
Listen and answer the questions orally!
Listen and mention as many shopping list items as you can remember
Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d
Match the statements in list A and B
Listen the instruction and do it!
|
4x40 menit
|
Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks
Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata
Rekaman
|
· Cermat
· Ulet
· Teliti
· Kreatif dan inovatif
· Rasa ingin tahu
· Bersahabat\
|
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperke-nalkan diri sendiri / orang lain, dan meme-rintah atau melarang
|
Contoh:
A : Good morning
How Are you?
B : Fine thanks.
A : Hi, I’m Rani
B : Hello, I’m Nina.
A : Go away !
B : Okay.
A : Don’t be Noisy
B : I won’t.
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi dengan berpikir logis dan kritis.
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog dengan kerja keras dan percaya diri.
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
|
· Mengungkap
· kan berbagai tindak tutur:
- Menyapa yang belum/su
dah dikenal b dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
- Memperke
nalkan diri
sendiri/orang
lan dengan percaya diri, kreatif dan inovatif. .
- Memerintah/
Melarang dengan percaya diri, kreatif dan inovatif.
|
§ Tes
Lisan
§ Un
juk
kerja
|
pertanyaan
Performan
ce
|
· Answer the questions orally!
· Perform the dialogue in front of the class!
|
2x40 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks yang relevan
· Alat peraga
|
· Berpikir logis dan kritis
· Kerja keras
· Percaya diri
· Kreatif dan inovatif
· Bersahabat/komunikatif
|
3.2 Melakukan interaksi
dengan lingkungan terdekat yang melibat-kan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan
|
Contoh :
A. Where is it ?
B. It’s here.
A. Thanks a lot.
B. You’ re
Welcome.
A. I’ m sorry.
B. It’s Okay.
A. Please,
come in.
B. Thank you.
|
1. Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata- bahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan dengan berpikir logis dan kritis
3. Mendengarkan model per-cakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan dengan ulet dan kreatif.
4. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman
5. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas tapi sopan dan kreatif.
|
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :
· Meminta dan memberi informasi secara bebas tapi sopan dan kreatif.
· Mengucapkan terima kasih secara sopan .
· Meminta maaf secara bebas tapi sopan dan kreatif.
2. Mengungkapkan kesantunan secara sopan.
|
§ Tes
lisan
§ unjukk
kerja
|
Tanya jawab
Bermain peran
|
Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture
Perform a role play with your friend about asking and giving information
|
4x40 menit
|
Script percakapan
Buku teks berisi percakapan
Alat peraga
|
· Logis
· Kritis
· Ulet
· Kreatif
· Sopan
|
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| |||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Teks Fungsional :
· Intruction
· Shopping list
· Greetings
· Announcement
|
1.Tanya jawab yang
berkaitan dengan materi dengan percaya diri.
2.Menirukan ungkapan-
ungkapan sesuai materi dengan
percaya diri.
3.Membahas kosakata dan
struktur percakapan dengan
cermat.
4.Latihan memberi perintah,
mengucapkan selamat,
mengumumkan dengan
singkat, menggunakan
ungkapan percakapan
dalam situasi nyata dengan
sopan.
|
1.Memberi instruksi dengan sopan.
2.Menyebut daftar
benda dengan
cermat.
3.Mengucapkan selamat dengan sopan.
4.Mengumumkan dengan singkat secara percaya diri.
|
Tes lisan
Unjuk kerja
|
§ Memba
hasakan
gambar
§ Performance
|
· Write an instruction based on the picture shown!
· Announce an information about the ceremony!
|
2x40 menit
|
1. Buku teks yang rele
van
2. Alat
Peraga
3. Rekaman
kaset,CD,
VCD,film
4. Rekaman
5. perca
kapan
otentik
|
· Cermat
· Percaya dir
· sopan
| |
4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1. Teks fungsional berbentuk :
· instruction
· shopping list
· greetings
· announcement
|
1. Mendengarkan dan memberi respon introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
2. Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek dengan cermat dan kreatif.
3. Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek
4. Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi dengan cermat dan percaya diri
5. Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek dengan cermat dan kreatif.
6. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan dengan percaya diri dan kreatif.
|
1. Memberi insruksi secara lisan dengan sopan .
2. Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan dengan cermat dan kreatif.
3. Memberi ucapan selamat dengan sopan.
7. Mengumumkan sesuatu dengan cermat dan percaya diri.
4.
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
a. Give instruction to your friend based on the picture.
b. Mention the things that you find in your bedroom
c. Congratulate your friend on his / her success in doing something
d. Tell your friend about the coming school holiday
|
2x40 menit
|
Script of short functional text
Buku teks
Rekaman kaset, CD,VCD, DVD, Fm
Alat peraga
|
· Cermat
· Kreatif
· Percaya diri
· sopan
|
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Pronunciation kata
dan Intonation:
frasa, kalimat yang
telah dipelajari
|
1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
membaca nyaring:
pronunciation, intonation secara cermat.
2. Mendengarkan model membaca nyaring secara cermat.
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model secara percaya diri.
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar dengan cermat dan percaya diri.
|
1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar secara cermat.
2. Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar secara percaya diri.
3. Membaca nyaring dengan baik dan benar secara percaya diri.
|
Tes unjuk kerja
Observasi
|
Uji petik membaca nyaring
Lembar observasi
|
Read the sentences aloud!
Read the all the sentences loudly and carefully.
|
2x40 menit
|
Buku teks
teks
otentik
|
· Cermat
· Percaya diri
|
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
· Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- Pengumuman
|
1. Tanya jawab yang terkait dengan materi secara komunikatif.
2. Menirukan membaca nyaring secara cermat.
3. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan kreatif
4. Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan secara komunikatif.
|
1.Mengidentifikasi berbagai informa
si dalam teks fung
sional pendek berbentuk :
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- Pengumuman
Secara cermat dan kreatif.
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca
Secara cermat dan kreatif
|
Unjuk kerja
Tes tulis
|
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat/
Frase
Menjawab pertanyaan
|
- Read the announcement loudly
and communicatively!
- Complete the noun phrases stated in the sentences below!
- Answer the questions based on the text!
|
- Buku teks
- Sumber bacaan lain yang relevan
|
· Cermat
· Kreatif
· komunikatif
|
Standar Kompetensi : 6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Aloka
si
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| |||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||||
6.1 Mengungkapkan makna gagasan da-lam teks tulis fungsi-onal pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat
|
· Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- Pengumuman
· Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.
|
1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek dengan cermat.
2.Membuat frasa, kalimat sesuai materi dengan mandiri, ulet dan kreatif.
3.Membuat teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif
|
1.Melengkapi teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif.
2.Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu
Secara cermat.
3.Menulis teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif.
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Menyusun kalimat
Esai
|
Complete the blank spaces of the following text!
Arrange the jumbled sentences in a good order
- Make a greeting card (choose the topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)
|
4x40 menit
|
-Buku teks
- Alat peraga
- Lingkungan seki
tar yang terdapat pengu-muman dan tan-dan per
ingatan
|
· Mandiri
· Ulet
· Kreatif
· cermat
| |
6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1. Teks fungsional pendek tentang :
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- pengumuman
2. Langkah retorika teks fungsional pendek
|
1. Mendengarkan dan meres-pon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional pendek dengan rasa ingin tahu.
2. Menyusun kata dalam bentuk frasa benda
3. Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu secara cermat, kreatif dengan cermat dan kreatif.
4. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang di-berikan dengan bantuan guru dengan cermat dan kreatif
5. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri
6. Melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar dengan cermat dan kreatif..
|
1. Membuat teks fungsional pendek dengan cermat dan kreatif.
2. Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek dengan cermat dan kreatif.
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Esai
Project
Uraian
|
-Complete the blank spaces of the short text.
-Write down an nnouncement based on the given situation
-Go to public places and find at least 10 written short texts
-Make a list of things you find in the following places :
1. bedroom
2. bathroom
3. kitchen
|
4x40 menit
|
Buku teks
Alat peraga
Pengumuman,
instruksi, daftar barang,kartu ucapan otentik
|
· Cermat
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar