SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to getthings done ) daninterpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta,memberi, barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yangmelibatkan tindak tutur: mengundang,menerima dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan:
A : Let me help you.
B : Thank you so much.
A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.
A: Did you break the
glass?
B: Yes I did / No, it
wasn’t me.
A: What do you think of
this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan:
A: Would you come to
my party?
B: I’d love to / I want to,
but ........
A; I do agree
B; Thanks for the
support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
1. Brainstorming
bertanya dan
menjawab tentang
berbagai hal terkait
tema topik yang
akan dibicarakan.
2. Membahas
kosakata ( noun
phrase, verb
phrase, adverb
phrase) tata bahasa (kalimat
sederhana tentang
tawaran jasa,
meminta sesuatu,
informasi faktual,
pendapat terkait
materi percakapan
3. Mendengarkan
percakapan yang
memuat ungkapan ungkapan dalam materi dengan cermat
4. Menjawab
pertanyaan tentang
isi percakapan.
5. Memberi respon
lisan dan tulis
terhadap ungkapan
yang didengar.
1. Memberi respons
lisan Curah
pendapat tentang
hal-hal terkait
topik/ungkapan
yang akan dibahas
2. Membahas
kosakata dan tata
bahasa terkait topik/ ungkapan yangdibahas
3. Mendengarkan
percakapan
memuat ungkapan
terkait marteri
4. Tanya jawab tentang isi
percakapan
5. Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
|
• Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
• Merespon
ungkapan meminta,
memberi, menolak
barang
• Mengakui, mengingkari fakta
• Merespon ungkapan meminta dan memberi
Pendapat
• Merespon ungkapan
mengundang,menerima, dan menolak ajakan
• Merespon ungkapan
menyetujui / tidak menyetujui
• Merespon ungkapan memuji
• Merespon ungkapan memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Merespon secara
lisan
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
Pertanyaan lisan
Isian
|
Respond the
following statement
Q: Let me help you
A:.......
Q: Can I have a bit?
A: ...........
Choose the right
response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right
Q: What do you think of my new dress
A:............
Write your
response to the
following
statements:
1. Would you go
with me to the movie?
2. I do agree with
you to join the speech contest
3. You have
beautiful hair.
4. You passed your
exams.
Congratulations.
|
2 x 40 menit
|
1. Script percakapan
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambargambar/ benda terkait
1 Script percakapan
2 Rekaman percakapan
3 Tape recorder
4 Gambar yang relevan Buku teks yang relevan
|
Bersahabat, komunikatif
Cermat.
Percaya diri.
Kreatif.
Kerja sama.
Ulet.
Rasa ingin tahu.
Toleransi
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
2.1 Merespon makna yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederh ana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentukdescriptive dan recount
|
• Teks fungsioanl
pendek berupa :
Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house forlunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
• Ciri kebahasaan teks
fungsional pendek
• Langkah retorika teks:
- descriptive
(identification –
descriptions)
- recount (
orientation events)
- reorientation
Teks lisan berbentuk
• descriptive
• recount
Langkah retorika teks :
• descriptive
(identification –
descriptions)
• recount (orientation events –
reorientation)
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas dengan rasa ingin tahu
2. Membahas kosakata yang terkai tema/topik/undang
an (noun phrase,
verb phrase)
3. membahas ungkapanungkapan
yang sering muncul
dalam undangan:
- I want you to come to.......
- Please come to ...
- Don’t forget to
Come to......
4. Mendengarkan
teks fungsional pendek
(undangan)
5. menjawab pertanyaan
tentang berbagai
informasi yang terdapat dalam teks fungsional,
undangan.
6. Mendengarkan
contoh-contoh undangan lainnya dari teman dengan cermat
7. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek :
undangan
- invite
- occasion
- time
- place
- Invitor
1 Eliciting kosakata
terkait tema/topik/
jenis teks
2 Membahas tata
bahasa terkait jenis
teks yang akan dibahas
3 Mendengarkan teks
Monolog descriptive /
recount dengan topik tertentu dengan ingin tahu
4 Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5 Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
|
• Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan.
• Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa
Undangan.
• Mengidentifikasi
Informasi/makna yang terdapat dalam teks
Berbentuk descriptive dan
recount
• Mengidentifikasi
fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount.
|
Tes
tertulis
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pertanyaan
lisan
PG
|
Complete the
following sentences
based on the text
you hear
Answer the
questions orally
based on the text
you listen to
Choose the best option based on the
text you have
listened to
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1. Script teks undangan
2. Rekaman undangan
- cassette
- tape recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks
1 Buku teks yang relevan
2 Gambar terkait tema / topik
Script teks:
descriptive / recount
4 Rekaman teks
5 Tape recorder
6 OHP
7 Lingkungan sekitar
|
Rasa Ingin tahu
Kreatif, mandiri
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get
things done) dan
interpersonal
(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan
berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta,memberi,menolak jasa meminta, memberi, menolak barang, mengakui,mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan
Interpersona l(bersosialisasi)
sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/tidak
menyetujui, memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan
memuat ungkapan –
ungkapan.
A; Let me help you.
B: Thank you so much.
A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.
A: Did you break the
glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of
this?
B: Not bad.
A: Would you come to
party?
B: I’d love to / I wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
1. Review kosakata
dan ungkapanungkapan
terkait materi dan tema
2. Tanya jawab
Menggunakan ungkapan ungkapan tersebut
3. Bermain peran melakukan
percakapan yang disediakan guru dengan percaya diri
4. Bermain peran
Melakukan percakapan
Berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
percaya diri
5. Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
dalam real life
situation dengan mandiri
1. Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2. Memperkenalkan
kosakata baru /
ungkapanungkapan
yang
akan dibahas
3. Tanya jawab
menggunakan
ungkapanungkapan
terkait
materi dengan bersahabat
4. Menirukan
percakapan yang
diucapkan guru
5. Melakukan
percakapan yang
diberikan
6. Melakukan tanya
Jawab menggunakan
Ungkapan tersebut
|
Bertanya dan menjawab tentang meminta , memberi, menolak jasa
Bertanya dan
menjawab tentang
meminta,memberi,
menolak barag
Bertanya dan
menjawab tentang
mengakui, mengingkari fakta
Bertanya dan memberi pendapat
Bertanya dan menjawab tentang mengundang,
menerima, menolak
ajakan
Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak
menyetujui
Bertanya dan menjawab tentangmemuji
Bertanya danmenjawab tentang
memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class.
Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class.
|
2 x 40menit
|
1. Buku teks yang
relevan
2. Gambar-gambar
terkait tema
3. Realia
Benda sekitar
|
Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif
Percaya diri
Kreatif, toleransi, bersahabat, komunikatif
|
Standar Kompetensi : Berbicara
4. Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog
pendek sederhanadengan menggunakan
ragam bahasa nista
secara akurat, lancar,
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk
descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :Undangan
1. Teks pendek
berbentuk recount
2. – informasi faktual- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan
pendukung dalam
teks pendek
berbentuk recount
3. Ciri kebahasaan teks
recount
|
1. Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan dengan cermat
2. Tanya jawab
tentang isi teks“undangan”
3. Tanya jawab
tentang struktur
teks
4. Membuat kalimat
sederhana terkait
jenis teks bentuk
undangan
- I want to come to....
- Please come to........
5. Berlatih mengundang
seseorang secara
lisan menggunakan
gambit-gambit tertentu
dengan kreatif dan
komunikatif
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to
come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
6. Secara berpasangan atau
dalam kelompok
mengungkapkan undangan
berdasarkan konteks / situasi yang diberikan
7. Secara mandiri
Mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya jawab berbagai hal
terkait topik tertentu (
peristiwa, kejadian,
pengalaman )
2. Mengembangkan
kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks
recount
3. Mengidentifikasi kejadian, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami
melalui tanya jawab
4. Melakukan
monolog dalam
bentuk recount
|
• Mengungkapan
secara lisan teks
fungsional pendek
berbentuk
undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
• Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai
Informasi tentang teks
fungsional pendek
berbentuk undangan
1. Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk : - Recount
2. Melakukan
monolog pendek
dalam bentuk
recount
|
Tes lisan
|
Performance
|
Invite your friend to
come to your
bithday party orally!
Think of an activity
or event that
happened to you
yesterday and tell us about it.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang Relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa
|
Cermat
Kreatif,
Bersahabat
Kreatif,
komunikatif
|
Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
5.1. Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa: Undangan
Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah retorika teks descriptive dan recount
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
1. Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
2. Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/ teman dengan cermat
3. membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan dengan percaya diri
4. menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
5. Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
6. Menjwab pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2. Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3. Membaca teks descriptive/recount dengan rasa ingin tahu
4. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif dan langkah retorika teks descriptive/recout
6. Menyebutkan ciriciri Kebahasaan teks yang dibaca dengan antusias
|
Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan
Makna gagasan
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
Langkah retorika teks descriptive dan recount
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Membaca
nyaring
Uraian
PG
Membaca
nyaring
|
Read the the text
aloud and clearly.
Answer the
following questions
based on the text
Choose the best
option based on the
text.
Read the text
aloud.
|
2 x 40menit
4 x 40menit
|
1. Buku teks yangrelevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/temp at
4. Lingkungan sekitar
|
Percaya diri
Kreatif,
cermat,
komunikatif
mandiri
Rasa ingin tahu
antusias
|
Standar Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
6.1. Mengungkapkan
makna dalam bentuk
teks tulis fungsional
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2. Mengungkapkan
makna dan langkah
retorika dalam esei
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk
descriptive dan
recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan
- Pengumuman
- Pesan Singkat
Teks rumpang
berbentuk
- descriptive
- recount
Kalimat acak
|
1. Tanya jawab berbagai hal
terkait tema/topik
teks fungsional yang akan
dibahas
2. Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa
terkait jenis teks fungsional
3. Menulis kalimat
sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks
fungsional pendek
berdasarkan konteks dengan kreatif dan komunikatif
1. Review Ungkapan ungkapan yang mendeskripsikan
benda, orang atau tempat.
2. Menulis kalimat yang
Mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan
gambar/realia.
3. Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif
dengan kata yang tepat.
4. Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yangterpadu.
5. Membuat draft teks deskriptive
secara mandiri.
6. Mengekspos teks
descriptive yang
ditulis di kelas dengan mandiri dan percaya diri
|
• Melengkapi
rumpang teks
fungsional pendek
• Meyusun kata
menjadi teks
fungsional yang
bermakna
• Menulis teks
fungsional pendek
• Melengkapi
rumpang teks essai
pendek berbentuk
descriptive
• Menyusun kalimat
menjadi teks yang
bermakna dalam
bentuk descriptive
• Menulis teks essai
dalam bentuk
descriptive .
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Essay
Completion
Jumbled
sentences
Essay
|
1. Write simple sentences based on the situation given.
2. Write an invitation/ an announcement / message based on the situation given.
• Complete the paragraph using the suitable words.
• Rearrange the following sentences correctly.
• Write an essay describing something or a certain place.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
|
Kreatif
Cermat
Komunikatif
Kreatif
Cermat
Komunikatif
Percaya diri
Mandiri
|
SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
7.1 Merespon makna yang
terdapat dalam
percakapan
transaksional (to getthings done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak
tutur: meminta,
memberi, menolak
jasa, meminta,
memberi, menolak
barang, dan meminta,
memberi dan
mengingkari informasi,
meminta, memberi, dan
menolak pendapat, dan
menawarkan /
menerima / menolak
sesuatu
7.2 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan
transaksional (to get
things done) dan
interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan,
merespon pernyataan,
memberi perhatian
terhadap pembicara,
mengawali,
memperpanjang, dan
menutup percakapan,
telepon
|
Percakapan yang memuat ungkapanungkapan
berikut:
A: Do you mind lending
me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have a bit
B: Sure, here you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you like it?
B: Yes I do
A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.
Hello, excuse me .....
Did you? / Were you?
Thanks/ Bye.../ See you.
Could I speak to ....please?
Well, I’m calling to....
|
1. Eliciting kosakata terkait topik yangakan dibahas (noun, verb, adjective,
adverb)
2. Menentukan makna
kata dan menggunakannya
dalam kalimat
3. Mendengarkan guru
dan menirukan
ungkapan-ungkapan
terkait materi dengan cermat
4. Mendengarkan
percakapan tentang
materi terkait
5. Menjawab berbagai
informasi yang terdapat dalam percakapan
6. Merespon
ungkapan-ungkapan
yang terkait materi dengan bersahabat dan komunikatif
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik yang
akan dibahas
2. Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
3. Menentukan makna
kosakata dalam daftar
4. Menggunakan
kosakata dalam kalimat
5. Tanya jawab menggunakan
ungkapan – ungkapan terkait dengan santun
6. Menirukan ungkapan yang
diucapkan guru dengan antusias
7. Mendengarkan percakapan
8. Menjawab pertanyaan tentang percakapan dengan bekerja sama
|
Merespon ungkapan
meminta,memberi,
menolak jasa
Merespon ungkapan
meminta,memberi,
menolak barang
Merespon ungkapan
meminta, memberi,
mengingkari informasi
Merespon ungkapan
meminta,memberi,
menolak pendapat
Merespon ungkapan meminta, menerima, menolak tawaran
Merespon ungkapan
meminta,memberi
persetujuan
Merespon ungkapan
Pernyataan
Merespon ungkapan
memberi perhatian
terhadap pembicara
Mengawali,
Memperpanjang dan
menutup percakapan
Merespon ungkapan
mengawali,
memperpanjang dan
menutup percakapan
telepon
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
|
Isian singkat
Jawaban
Singkat
Merespon
ungkapan
Melengkapi
percakapan
|
Listen to the
expression and
write your response to it.
Listen to the
expression and give your response to it.
Listen to the
expressions and give your response to
them. Listen to the
dialogue and
complete the text
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1. Script percakapan uku teks
2. Rekaman percakapan
3. Tape recorder
4. CD
5. CD player
6. gambar
7. Benda sekitar
8. model benda
1 Buku teks yang relevan
2 Script percakapan
3 Rekaman percakapan
4 Tape recorder
5 Gambar yang relevan
|
Bersahabat, komunikatif
Cermat.
Percaya diri.
Kreatif.
Kerja sama.
Ulet.
Rasa ingin tahu.
Percaya diri
Antusias
Kerja sama
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
8.1 Merespon makna yangterdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative
dan recount
|
• Teks fungsional pendek :
- undangan,
- pengumuman,
- pesan singkat
• Tujuan komunikatif teks
fungsional pendek :
- undangan,
- pengumuman,
- pesan singkat
• Teks monolog berbentuk :
- narrative
- recount
• Tujuan komunikatif teks
berbentuk :
- narrative
- recount
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan
kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
2. Review berbagai jenis teks fungsional pendek yang sering dijumpai
3. Mendengarkan teks
fungsional pendek terkait tema/topik tertentu dengan cermat
4. Menjawab berbagai
pertanyaan terkait
informasi dalam taeks
fungsional yang didengar
5. Menentukan tujuan
komunikatif dari teks
yang didengar
1. Tanya jawab berbagai hal ter kait tema/topik/jenis teks
2. Eliciting cerita yang
dikenal siswa
3. Tanya jawab tentang salah satu cerita yang dikenal siswa
- tokoh, tempat kejadian
- problem, solusi, akhir cerita
4. Mendengarkan cerita terkait
tema/topik dari guru/teman
dengan rasa ingin tahu
5. Tanya jawab tentang
informasi dalam cerita yang di dengar
6. Tanya jawab tentang
tujuan komunikati dari teks yang di dengar
|
• Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek
undangan,pengumuman,pesan singkat
• Mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks
fungsional pendek
• Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks monolog
narative
• Mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks naratif
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pilihan ganda
|
Listen to the
dialogue and
complete the
following text.
Listen to the t
and choose th
right answer
|
2x 40 menit
|
1 Buku teks yang relevan
2 Script teks fungsional
3 Rekaman percakapan
4 Tape recorder
5 Gambar yang relevan
|
Cermat
Rasa ingin tahu
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi denganlingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan,
serta mengawali,
memperpanjang, dan
menutup percakapan
telepon
|
Percakapan singkat memuat
ungkapan – ungkapan :
A: Do you mind lending me
some money?
B: No, problems
A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.
A: Here is some money fo you.
B: Sorry, I can’t take this.
A: Do you like it ?
B: Yes, I do.
A: Have you done it?
B:No, I haven’t.
A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t
say any thing
A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks
Teks percakapan memuat
ungkapan berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.
A: I Must go now
B: Do you have to?
• Right.
• I see.
• Hm...m yeah
• Hello,excuse me
• Did you? / Were you?
• Thanks/ Bye / see you
• Could I speak to ..?
• Well,I’m calling to ...?
• Nice talking to you.
|
1. Mengembangkan
kosakata terkait
dengan jenis
ungkapan dan
tema/topik yang terkait
2. Tanya jawab tentang
berbagai hal
menggunakan
ungkapan terkait
materi/topik.tema yang
di pillih dengan santun
3. Menirukan ungkapanungkapan
terkait
materi yang diucapkan
guru dengan cermat
4. Latihan bertanya dan
menjawab
menggunakan
ungkapan yang telah
dipelajari secara
berpasangan
5. Bermain peran
melakukan
percakapan
berdasarkan situasi
yang diberikan
1. Tanya jawab
menggunakan berbagai
kosakata dan ungkapan
yang telah dipelajari
2. Mendengarkan percakapan yang
memuat ungkapanungkapan
yang telah dipelajari
3. Menjawab pertanyaan
tentang isi percakapan
4. Menjawab pertanyaan tentang makna dan
fungsi ungkapan terkait
5. Menggunakan
ungkapan – ungkapan
terkait berdasarkan
konteks dengan percaya diri
6. Bermain peran
mengunakan ungkapan
yang telah dipelajari dengan semangat
|
• Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi, menolak jasa
• Bertanya dan menjawabtentang
meminta,memberi, menolak barang
• Bertanya dan menjawab tentang
meminta, memberi danmengingkari informasi
• Bertanya dan menjawabtentang
meminta,memberi danmenolak pendapat
• Bertanya dan menjawab tentang menawarkan, menerima, menolak sesuatu
• Bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi persetujuan
• Bertanya dan menjawab tentang merespon pernyataan
• Bertanya dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap lawan bicara
• Mengawali, memperpanjang menutup percakapan
• Mengawali, memperpanjang menutup percakapan telepon
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class
Create a dialogue
based on the role
cards and perform
it in front of the
class.
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar yang relevan
3. Benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar yang relevan
3. Benda sekitar
4. Kartu peran
|
Santun
Cermat
Percaya diri
Semangat
|
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
• Teks fungsional pendek :
- Undangan
- Pengumuman
- Pesan singkat
• Teks monolog
berbentuk narrative
|
1. Review kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
2. Membuat kalimat sederhana untuk:
- mengundang- mengumumkan
- memberi pesan
3. Membahas gambitgambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
4. Mengungkapkan secara lisan:
- undangan - pengumuman
- pesan singkat dengan santun dan komunikatif
1. Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
2. Membuat kalimat sederhana secara lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
- simple past
- past continuous
- temporal conjunctions
- connective words
- adverbs - adjectives
3. Menceritakan kembali cerita populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai. Contoh: Really? That’s terrible!, How then?, First,...., then....,finally... dengan percaya diri dan komunikatif
4. Menceritakan kembali teks narative yang pernah didengar dengan semangat
.
|
• Mengungkapkan secara lisan teks fungsional :
- Pengumuman
- Undangan
- Pesan singkat
• Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat
• Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Performance
Performance
|
1. Invite your friend orally to join a discussion on the danger of drugs.
2. Give announcement orally about the plan of the trip to Borobudur Temple.
3. Tell your friend to wait for you after school.
1. Retell a stor that you know very well.
2. Tell a story based on theseries of a pictures given.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
4. Teks bentuk khusus:
- undangan,
pengumuman
pesan singkat
1.Buku teks yang relevan
2.Gambar yang relevan
3.Benda sekitar
4. Buku cerita dalam bahasa Inggris
|
Aantun
Percaya diri
Komunikatif
Cermat
Semangat
|
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secaraakurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
|
• Teks Essai berbentuk
narrative / recount
• Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk
narrative / recount
• Tujuan komunikatif teks
essai narratif / recount
• Langkah retorika
narrative / recount
• Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
• Tujuan komunikatif
Teks narrative/ recount
• Ciri kebahasaan teks narrative/ recount
|
1. Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2. Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3. Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru dengan rasa ingin tahu
4. Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar dengan percaya diri
5. Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca dengan teliti
1. Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional yang dibaca
2. Menentukan langkah retorika dari teks fungsional yang dibaca
3. Menentukan ciri kebahasaan teks fungsional yang di baca
4.. Membaca teks fungsional
undangan, pengumuman dan
pesan dengan teliti
1. Mencermati teks monolog
terkait materi
2. Menyebutkan jenis teks monologl yang dicermati
3. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks monolog dengan cermat
4. Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
|
• Membaca nyaring danbermakna teks fungsional/ essai berbentuk narrative / recount
• Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount
.Mengidentifikasi rujukan kata dalam teks narrative/ recount yang dibaca
• Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional yang dibaca
• Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional
• Mengindentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional
. Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative / recount
• Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative / recount
|
Tes lisan
Tes tulisan
Tes tulis
|
Membaca
nyaring
Pilihan ganda
Pertanyaan
tertulis
|
Read the story
aloud.
Choose the right
answer based on
the text.
Answer the
following questions
based on the text.
|
4 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1.Buku teksyang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar -gambar terkait cerita
4. Rekaman cerita
5. Tape recorder
6. CD
7. VCD player
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar
|
Rasa ingin tahu
Percaya diri
Teliti
Cermat
|
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |||||||
12.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.2. Mengungkap kan
makna dan langkah
retorika dalam esei
pendek sederhana
dengan menggunakan
ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar
dan berterima untuk
berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
berbentuk recount
dan narrative
|
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat
• Teks Essai narrative / recount
• Ciri kebahasaan teks narrative / recount
• Langkah retorika teks narrative / recount
|
1. Review tujuan komunikatif dan ciriciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2. Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
dengan sopan
3. Melengkapi taeks fungsional pendek
4. Menulis teks fungsional pendek dengan cerman dan teliti
1. Review ciri kebahasaan teks narrative
2. Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
3. Mengembangkan langkah retorika teks recount dan narrative dengan kerja sama
4. Membuat draft teks recount dan narrative dengan mandiri
5. Menulis teks recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
6. Memajang hasil tulisan di dinding percaya diri
|
Menulis teks fungsional
pendek berbentuk : -
Pengumuman -
Undangan -
pesan singkat
Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah
retorika yang benar
|
Tes tulis
Tes tertulis
|
Essay
Uraian
|
1. Write sentences based on the situation given.
2. Complete the text using suitable word/words.
3. Write a text of invitation on your farewell party.
Write a short
narrative text based
on:
a. The story you have ever read.
b. Series of pictures given.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar
1.Buku teks yang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar - gambar terkait
|
Sopan
Cermat
Teliti
Kerja sama
Mandiri
Percaya diri
|
LEMBAR PENGESAHAN
Kertahayu, Juli 2010
Kepala SMP Negeri 2 Pamarican Guru Mata Pelajaran
Drs. R. AGUS SETIAMAN, M.M.Pd DADI RUSNADI
Pangkat : Pembina TK I/Ivb NIP. 196509191987031006
Nip. : 195611071985031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar